Laman

Senin, 11 Juli 2011

Parity 4x4x4 (Rubik’s revenge) algorithm

Pada postingan kali ini Masih membahas rubik, namun kali ini hanya rubik 4x4x4 saja. Dalam menyelesaikan rubik ini, kadang-kadang kalian pasti menemui masalah atau istilahnya PARITY. Jika sudah begitu, pastilah diperlukan algorima yang panjang -(syukur2 kalo hafal)-.hehehhehe.....Namun, bagaimana jika kalian tidak tahu algoritmanya, pastinya kalian mengotak-atik hingga puyeng atau karena frustasi sampai2 rubiknya dilempar ke tembok. Eitssss......g usah segitho nya kaleeee.....

Namun jangan khawatir, dibawah ini saya akan berbagi algoritma untuk menyelesaikan apa yang disebut dengan Parity tersebut.
Pada dasarnya, parity adalah kondisi yang hanya bisa muncul pada rubik 4x4x4 dan tidak dapat muncul pada rubik 3x3x3. Meskipun demikian, dalam sebuah kasus bisa muncul lebih dari 1 parity error. Berikut ini adalah 2 parity yang paling umum terjadi:

1. pasangan edge tertukar bersebelahan






Algoritmanya : ambil warna orange yang menghadap wajah anda
R’ U R U r2 U2 r2 (Uu)2 r2 (Uu)2 U R’ U’ R.
keterangan : R = Right/kanan  ; U = Up/atas      tanda (') berarti berlawanan arah jarum jam
                   r berarti hanya layer lapis kedua yang diputar
                   (Uu) = layer 1 dan 2 diputar bersamaan ,,angka 2 berarti diputar 180 derajat.
2. Edge yang terbalik
Algoritmanya : ambil orange yang menghadap wajah anda.
r2 B2 U2 l U2 r’ U2 r U2 F2 r F2 l’ B2 r2.
keterangan:  R = Right/kanan  ; U = Up/atas ; B = Back/belakang ; F = Front/depan
                   tanda (') berarti berlawanan arah jarum jam;
                   r berarti hanya layer kanan lapis kedua yang diputar
                   l berarti hanya layer kiri lapis kedua yang diputar
                   angka 2 berarti diputar 180 derajat.
Padahal masih ada beberapa lagi macam parity itu, namun ini lah yang paling sering saya temui.....
Baiklah, sampai disini dulu ya. Semoga bermanfaat,,
THANK YOU SO MUCH>>>>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar