Laman

Minggu, 12 Februari 2012

manfaat dan macam-macam garam

A.     Manfaat Garam
Menurut Salt Institute, garam memiliki 14.000 manfaat. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui garam sebagai bumbu yang digunakan dalam masakan. Selain sebagai bumbu masakan, berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari garam:
a.       Sebagai Bahan Poles
Dengan mencampurkan garam dan cuka, maka dapat digunakan untuk mengkilapkan benda-benda yang terbuat dari perak dan tembaga.
b.      Pembersih Pipa Saluran
Air panas yang diberi garam dengan perbandingan seimbang dapat melarutkan endapan minyak yang ada pada pipa saluran. Selain itu, campuran ini dapat menghilangkan bau tak sedap dan dapat memperpanjang umur pipa saluran.
c.       Membebaskan kaca dari embun
Pada musim hujan seperti saat ini, kaca mobil atau kaca jendela rumah kita akan mengembun karena udara yang dingin. Untuk mencegahnya, usapkan spon atau lap yang telah dibasahi cairan garam pada kaca, kemudian keringkan. Hal ini akan mencegah pengembunan.
d.      Pembasmi Gulma
Campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1:3 dapat dituang langsung ke atas gulma untuk membasminya.
e.       Sebagai obat-obatan
Berkumur dengan larutan garam ternyata dapat meredakan sakit gigi yang kita derita loh. Selain itu, garam juga bisa digunakan untuk mengatasi diare, contohnya oralit. Garam atau NaCl juga terdapat dalam cairan infus.
f.        Untuk kecantikan
Dalam shampo dan sabun yang kita gunakan juga terdapat kandungan NaCl. Mineral –mineral yang terkandung dalam garam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit kita tetap bersih dengan menggunakan garam mandi yang sudah banyak dijual.
g.       Pemadam Kebakaran
Dalam keadaan darurat, kita bisa menggunakan garam untuk memadamkan api yang disebabkan minyak. Tapi garam hanya untuk cadangan saja, jangan lupa untuk tetap menyediakan pemadam kebakaran yang sebenarnya.

B.     Macam-macam Garam
a.       Yodium / Iodium / I
Zat mineral yodium biasanya terdapat pada garam dapur yang tersedia bebas di pasaran, namun tidak semua jenis dan merk garam dapur mengandung yodium. Yodium berperan penting untuk membantu perkembangan kecerdasan atau kepandaian pada anak. Yodium juga dapat membatu mencegah penyakit gondok, gondong atau gondongan. Yodium berfungsi untuk membentuk zat tirosin yang terbentuk pada kelenjar tiroid.
b.      Phospor / Fosfor / P
Fosfor berfungsi untuk pembentukan tulang dan membentuk gigi.
c.       Cobalt / Kobal / Kobalt / Co
Cobalt memiliki fungsi untuk membentuk pembuluh darah serta pembangun B.
d.      Chlor / Klor / Cl
Chlor digunakan tubuh kita untuk membentuk HCl atau asam klorida pada lambung. HCl memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.
e.       Magnesium / Mg
Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin.
f.        Mangaan / Mangan / Mn
Mangaan berfungsi untuk mengatur pertumbuhan tubuh kita dan sistem reproduksi.


g.       Tembaga / Cuprum / Cu
Tembaga pada tubuh manusia berguna sebagai pembentuk hemo globin pada sel darah merah.
h.       Kalsium / Calcium / Ca
Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh.
i.         Kalium / K
Kalium kita butuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung.
j.        Zincum / Zinc / Seng / Zn
Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. Selain itu zinc juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim, hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita.
k.      Sulfur atau Belerang
Zat ini memiliki andil dalam membentuk protenin di dalam tubuh.
l.         Natrium / Na
Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar impuls dalam serabut syaraf dan tekanan osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan cairan sel dengan cairan yang ada di sekitarnya.
m.     Flour / F
Flour berperan untuk pembentuk lapisan email gigi yang melindungi dari segala macam gangguan pada gigi.







SUMBER:

Buku Panduan Pembuatan Garam Bermutu dicetak oleh Badan Riset Kelautan dan Perikanan Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar